Tuesday, 30 April 2013

INILAH GAJI POKOK BARU PNS 2013


Tebel kenaikan gaji pokok PNS Di tengah sorotan produktivitas pegawai negeri sipil (PNS) yang dinilai masih rendah, nyatanya kesejahteraannya tetap diperhatikan. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2013 yang mengatur tentang perubahan kenaikan gaji pokok PNS tahun 2013.

Bagi para PNS di seluruh Indonesia, ini tentu merupakan kabar gembira. Perubahan kenaikan gaji pokok PNS 2013 ini dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna (produktivitas) serta kesejahteraan PNS.

PP No.22/2013 tentang kenaikan gaji PNS tahun 2013 ini mulai berlaku per 1 Januari 2013. Sesuai tabel daftar perubahan kenaikan gaji pokok PNS tahun 2013 yang terdapat pada lampiran Peraturan Pemerintah, gaji terendah yaitu Rp 1.323.000 untuk PNS Golongan I/a.

Perubahan terakhir kenaikan gaji pokok PNS terjadi tahun lalu, yang diatur Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2012. Untuk tahun ini, sesuai tabel daftar gaji pokok PNS 2013 yang terlampir dari PP No.22/2013 PNS golongan III/b mendapat gaji sebesar RP 2.278.900.

Selengkapnya PP nomor 22 tahun 2013 yang mengatur tentang perubahan kenaikan gaji pokok PNS tahun 2013 serta tabel daftar gaji pokok baru PNS 2013 bisa dilihat dan didownload di sini.

Dengan perhatian yang tinggi dari Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pegawainya, sudah semestinya diikuti dengan perubahan kinerja PNS yang lebih baik lagi. Khususnya lagi bagi guru PNS yang juga mendapatkan tunjangan lainnya, harus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya.     DI 



PIBLIKASIKAN :SekolahDasar.Net 27 April 2013



Monday, 29 April 2013


    UKA 2013 Dilaksanakan Pada Pertengahan Mei
  • UKA 2013 Dilaksanakan Pada Pertengahan Mei
    Uji kompetensi bagi guru yang belum  mengikuti sertifikasi atau Uji Kompetensi Awal (UKA) 2013 akan dilaksanakan pada pertengahan Mei. Sebelumnya Kemendikbud memang pernah menggelar UKA untuk calon guru yang masuk dalam kuota sertifikasi tahun lalu.

    Seperti yang dilakukan kepada guru bersertifikat di tahun lalu, pelaksanaan uji kompetensi guru ini untuk pemetaan kompetensi guru-guru. Adapun untuk bisa ikut sertifikasi, tetap mengacu pada aturan yang ada, yakni melihat usia dan golongan masa kerja.

    Menurut Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, seperti dikutip dari Kompas (18/04/2013). Sampai Senin sore kemarin (15/04/2013) tercatat ada 623.489.000 guru TK sampai SMA yang ikut pendaftaran uji kompetensi awal.

    "Uji kompetensi untuk tahun ini diikuti guru-guru yang belum ikut sertifikasi. Para guru yang ikut, yang namanya masuk dalam database kami yang didaftarkan dinas pendidikan daerahnya," kata Unifah Rosyidi

    Untuk peserta sertifikasi tahun 2013, yang juga diprioritaskan ialah para guru yang gagal di UKA 2012, tetapi sudah mengikuti pelatihan, serta guru yang tidak lulus dalam pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2011.

    Pada tahun lalu, Uji kompetensi bagi guru yang sudah sertifikasi dilaksanakan secara online serentak di seluruh Indonesia. Ujian ini untuk memetakan penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru.

    sumber : SekolahDasar.Net 18 April 2013

Cara Cek Tunjangan Fungsional Guru di P2TK



  • Tunjangan fungsional adalah tunjangan yang diberikan kepada guru bukan PNS. Program pemberian subsidi ini diberikan kepada guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat (yayasan).

    Besarnya tunjangan fungsional adalah Rp.300.000 per bulan dan diberikan setiap 6 bulan sekali. Sumber dana untuk pembiayaan program tunjangan fungsional guru berasal dari APBN Tahun Anggaran 2013. Pemberian Tunjangan Fungsional ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

    Pada tahun 2013, penyaluran subsidi tunjangan fungsional bagi guru bukan PNS jenjang TK dibayarkan melalui Direktorat P2TK PAUDNI, bagi guru jenjang SD-SMP dibayarkan melalui Direktorat P2TK Dikdas, dan bagi guru jenjang SMA/SMK dibayarkan melalui Direktorat P2TK Dikmen.

    Mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran subsidi tunjangan fungsional tidak hanya dilakukan melalui secara manual seperti tahun lalu tetapi juga dengan sistem digital melalui Data pokok pendidikan (Dapodik).

    Cara untuk mengetahui atau mengecek apakah SK Tunjangan Fungsional sudah terbit atau belum bisa dilihat di website yang beralamat di http://116.66.201.163:8000/index.php. Cara ini sama dengan cara untuk mengecek SK Tunjangan Profesi (SKTP) bagi guru yang sudah sertifikasi.

    Cara Cek SK Tunjangan Fungsional
    1. Kunjungi http://116.66.201.163:8000/index.php
    2. Login di form INFO SK, memasukan NUPTK dan passwordnya berupa tanggal lahir (format: YYYYMMDD)


    Login di INFO SK
    3. Setelah klik login dan berhasil masuk akan muncul Data Guru dan status SK Tunjangan Fungsional

    Status SK Tunjangan Fungsional

    Kriteria guru penerima Tunjangan Fungsional adalah Guru bukan PNS yang memenuhi kewajiban melaksanakan tugas paling sedikit 24 jam tatap muka per-minggu yang dibuktikan dalam sistem Dapodik. Guru dalam jabatan yang berkualiafikasi minimal S-1/D-IV. Memiliki NUPTK dan belum mendapat tunjangan profesi. Untuk Buku panduan pelaksanaan pemberian subsidi tunjangan fungsional bagi guru bukan PNS bisa diunduh di sini.

DAFTAR NOMINATIF TENAGA HONORER KAB.PEKALONGAN TH 2013

TEMAN TEMAN HONORER YANG MUNGKIN BELUM TAHU SILAHKAN DI KABARI,
SILAHKAN UNTUK DOWNLOAD DAFTAR NOMINATIF TENAGA HONORER KAB.PEKALONGAN TH 2013

DI  SINI

ATAU..

DI SINI

SETELAH MUNCUL KLIK DONLOAD...SELAMAT MENCOBA...

SUMBER DAPAT DI PERCAYA :

SITUS RESMI PEMKAB PEKALONGAN

TERIMAKASIH.......

Wednesday, 24 April 2013

DAFTAR GURU PAI SD, SMP, SMA, DAN SMK CALON PESERTA SERTIFIKASI

Per tanggal 23 April 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan surat bernomor DT.I.II/5/Kp.01.2/522/2013 tentang Longlist Calon Peserta Sertifikasi Tahun 2013. Surat ditandatangani oleh Direktur Pendidikan Agama Islam, Dr. H.M. Amin Haedari, M.Pd., dan ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Up. Kepala Bidang PAIS/PAKI/PAKIS/PENDIS.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa daftar nama (longlist) adalah hasil updating data tahun 2013, agar dapat didistribusikan kepada Kementerian Agama Kab/Kota setempat untuk diverifikasi dan dilengkapi.




Adapun mekanisme penyempurnaan data sebagai berikut:
  1. Jika terdapat kesalahan pada data yang tercantum di dalam longlist maka harus ditulis kembali sesuai dengan nomor urutnya dan perbaikannya diberi tanda.
  2. Bagi guru yang belum tercantum di dalam longlist maka harus dibuat pengusulan secara terpisah sesuai dengan form 1. 
  3. Bagi Guru Honorer/Non NIP yang bertugas di sekolah umum negeri harus dipastikan memiliki SK dari Dinas Pendidikan/Pemerintah Daerah setempat.
  4. Bagi nama-nama yang sudah tercantum di dalam longlist harus dipastikan validitas NUPTK-nya (NUPTK harus 16 digit).

Validasi data longlist harus sudah diterima Dirjen Pendis paling lambat hari Jum'at, 3 Mei 2013. Jika data yang dikirim tidak tepat waktu, dapat berakibat berkurangnya kuota.

Surat tersebut dapat diunduh DI SINI..

Berikut daftar longlist selengkapnya:

Provinsi Aceh
Provinsi Sumatera Utara
Provinsi Sumatera Selatan
Provinsi Sumatera Barat
Provinsi Lampung
Provinsi Bangka Belitung
Provinsi Bengkulu
Provinsi Jambi
Provinsi Riau
Provinsi Kepulauan Riau
Provinsi Banten
Provinsi DKI Jakarta
Provinsi Jawa Barat
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Jawa Timur
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Provinsi Bali
Provinsi Kalimantan Barat
Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi Kalimantan Timur
Provinsi Kalimantan Selatan
Provinsi Nusa Tenggara Barat
Provinsi Nusa Tenggara Timur
Provinsi Sulawesi Barat
Provinsi Sulawesi Selatan
Provinsi Sulawesi Tengah
Provinsi Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Utara
Provinsi Gorontalo
Provinsi Maluku
Provinsi Maluku Utara
Provinsi Papua Barat
Provinsi Papua

Sumber: Dirjen Pendis

Di Piblikasikan oleh dzakiron.blogspot.

Download Software Aplikasi BOS Terbaru



Download Software Aplikasi BOS Terbaru
Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sering kali menyita banyak waktu. Software Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013 akan bisa membantu petugas bendahara (pengelola) BOS dalam menyusun laporan. Sekolah membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS setiap triwulan. Laporan tersebut disimpan di sekolah untuk keperluan monitoring dan audit sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana.

Program BOS secara umum bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sedangkan secara khusus program BOS bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa setingkat SD sampai SMP, serta meringankan beban biaya operasi sekolah.

Sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) BOS 2013 yang sudah dikeluarkan Kemendikbud, Tim Pengelola BOS Sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk:
  • Mengisi, mengirim dan meng-update data pokok pendidikan (Formulir BOS- 01A, BOS-01B dan BOS-01C) secara lengkap kedalam sistem yang telah disediakan oleh Kemdikbud.
  • Membuat RKAS yang mencakup seluruh sumber penerimaan sekolah (Formulir BOS-K1 dan BOS-K2).
  • Mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan rencana penggunaan dana BOS (RKAS) di papan pengumuman sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah (Formulir BOS-03).
  • Mengumumkan penggunaan dana BOS di papan pengumuman (Formulir BOS-04).
  • Membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS-K7A).
  • Melakukan pembukuan secara tertib (Formulir BOS-K3, BOS-K4, BOS-K5 dan BOS-K6).
  • Memasang spanduk di sekolah terkait kebijakan pendidikan bebas pungutan (Formulir BOS-05).
  • Menandatangani surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa BOS yang diterima telah digunakan sesuai NPH BOS (Lampiran Format BOS-K7). 

Semua komponen di atas mulai (1.) Perencanaan (Penyusunan RKAS, BOS K-1, BOS K-2, BOS-03); (2.) Pelaksanaan (BOS K-3, BOS K-4, BOS K-5, BOS K-6, Kwitansi, Kwitansi Buku); (3.) Pelaporan (BOS K-7, Lampiran BOS K-7, BOS K-7a, BOS K-8, SPJ, BOS 05) telah tersedia pada Software Aplikasi BOS Terbaru.

Aplikasi BOS ini cukup mudah digunakan karena hanya memakai Program MS Office Excell yang sudah banyak dikenal dan dipakai. Yang harus dilakukan hanyalah melakukan input perencaan dan input pelaksanaan ke dalam Software Aplikasi BOS Terbaru. Setelah input dilakukan semua format BOS seperti disebut di atas akan terisi secara otomatis. Seluruh komponen pelaporan Aplikasi BOS ini telah disesuaikan dengan Juknis BOS 2013. Bagi Anda yang ingin download Software Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013, silahkan klik tautan ini:




Jika Anda kesulitan mendownload pada link yang pertama, dapat menggunakan miror link. Jangan lupa baca juga Panduan Penggunaan Software BOS  yang ada dalam folder hasil download-an. Saat membuka software aplikasi, jangan lupa untuk mengubah Options pada Security Warning Macros have been disable, pilih Enable this content.

Mulai tahun 2013, Tim Pengelola BOS Sekolah bertugas dan bertanggung jawab untuk memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan ke dalam sistem online melalui www.bos.kemdikbud.go.id. Dengan pelaporan dana BOS secara online berarti menambah tugas bendahara sekolah dalam mengelola dana BOS.

Pemberitahuan untuk sekolah yang belum Entry Nilai Raport jenjang SD/MI

Kami cek dari http://data.pdkjateng.go.id data sekolah yang sampai dengan hari ini Selasa, 23 April 2013 pukul 09.30 WIB belum juga memulai proses entry nilai raport.
Karena terbatasnya waktu pengentryan dan pentingnya data sebagai komponen penentu kelulusan siswa, dimohon kepada teman-teman operator untuk menyampaikan kepada sekolah yang ada didalam file ini
Untuk operator UPT wajib menyampaikan berita ini ke kepala sekolah, atas bantuan dan kerjasamnya kami sampaikan terima kasih.
Untuk melihat sekolah mana saja klik disini, untuk mendownload klik disini
Update !!!
Per 24 April 2013 pukul 07.30 WIB masih ada 14 sekolah, silahkan klik disini atau disini

Sunday, 21 April 2013

Alternatif Pengecekan Data Guru dari P2TK Dikdas



Banyaknya guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ingin melihat datanya di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Direktorat P2TK Dikdas) membuat laman situsnya sering down. Direktorat P2TK Dikdas menyediakan alamat situs baru sebagai alternatif alamat untuk cek verifikasi data PTK atau guru bisa lebih cepat jika yang lama lambat.

Alamat situs untuk mengecek data guru yang didasarkan pada Data Pokok Kependidikan (Dapodik) itu adalah http://223.27.144.195/info.php. Jadi jika saat Anda ingin mengecek verifikasi data di P2TK Dikdas, dengan alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id atau http://116.66.201.163:8000/index.php kesulitan, Anda bisa mengunjungi http://223.27.144.195/info.php sebagai alterntifnya.

Data verifikasi PTK atau guru yang ditampilkan Direktorat P2TK Dikdas berasal dari Dapodik. Data tersebut dimasukan dan dikirim oleh operator sekolah melalui aplikasi yang sudah disediakan Kemendikbud. Dapodik sebagai bahan mentah yang digunakan untuk menyalurkan tunjangan profesi guru sesuai kriteria dan aturan yang telah ditentukan.

Cara Mengecek Verifikasi Data Guru atau PTK Lebih Cepat di Alamat Situs Alternatif Direktorat P2TK Dikdas.
1. Kunjungi situs alternatif P2TK http://223.27.144.195/info.php
2. Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD. Contoh: jika tanggal lahir Anda 23 Agustus 1985 passwordnya: 19850823


Alternatif Pengecekan Data Guru dari P2TK Dikdas
Login dengan NUPTK dan Tanggal Lahir (YYYYMMDD)

3. Setelah berhasil login, Anda akan melihat laman seperti di bawah ini, ada 20 baris data yang ditampilkan, ada juga informasi status, dan rincian jam mengajar.

Alternatif Pengecekan Data Guru dari P2TK Dikdas
Cek data Guru atau PTK

Jika terjadi kesalahan atau data belum valid, segera perbaiki datanya melalui operator sekolah, kemudian dikirim kembali. Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika pengiriman data dari aplikasi Dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu kemudian.

Untuk Rincian Jam Mengajar (JJM) ada 3 jenis yang dipakai, yaitu; JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dengan batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yang dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya). Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Untuk itu update data tersebut. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan.

Update: Berikut adalah link untuk cek data PTK atau guru di Direktorat P2TK Dikdas, sebagai alternatif jika web utama lambat:

Pemisahan Server Entry Nilai SD/MI


Karena kapasitas server tidak mencukupi maka untuk meningkatkan performa, server pendataan dan entry nilai di bagi menjadi dua. Pembagian berdasarkan nomor urut Kabupaten/Kota ;
1. Kabupaten/Kota 01 - 22 menggunakan server http://datasd.pdkjateng.go.id
2. Kabupaten/Kota 23 - 42 menggunakan server http://datasd2.pdkjateng.go.id
Kabupaten Pekalongan  nomor urut 33, maka menggunakan server yang kedua, untuk user dan password tidak ada perubahan.
Namun jika ada sekolah yang lupa password dapat meminta reset password ke Subag Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Saat ini mata pelajaran yang dapat dientry nilainya hanya Mapel UN (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA). Untuk mata pelajaran non UN menunggu pemberitahuan lebih lanjut

Di poskan Oleh supri Kajen

Entry nilai raport selain mapel UN sudah bisa dimulai

Kami sampaikan kepada teman-teman operator SD/MI, pagi hari ini tanggal 22 April 2013 bahwa pengentryan nilai raport selain mata pelajaran UN sudah bisa tersimpan.
Untuk sekolah yang sudah selesai mengentry nilai mapel UN dimohon jangan buru-buru divalidasi, kami sarankan untuk mengentry nilai mapel raport lainnya terlebih dahulu karena masih ada waktu sampai dengan H-8 sebelum pelaksanaan UN tanggal 6 Mei 2013.
Perlu kami sampaikan beberapa hal terkait entry nilai raport selain mapel UN :
1. Mapel "Ketidakhadiran"
Diisikan dengan angka (1,2,3, dst) sesuai ketidakhadiran yang ada diraport disemester tersebut.
2. Mapel "Pengembangan Diri"
Disikan dengan huruf sesuai dengan petunjuk yang ada dihalaman "Input Nilai"
misal :
- Keg 1 = Pramuka
- Nilai = baik, cukup, kurang
- Ket = Penguasaan materi baik
Jika siswa mengikuti kegiatan lebih dari satu di semester tersebut maka isikan di kolom Keg 2 dan kolom Keg 3
3. Untuk nilai yang dicetak, ditandatangani, distempel dan di kirim  ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pekalongan hanya 3 mapel UN (B. Indonesia, MTK dan IPA)
4. Untuk sekolah yang sudah terlanjur memvalidasi bisa meminta pembukaan akses revisi dengan cara membuat surat permohonan revisi nilai raport.
Untuk mempercepat proses pembukaan akses, surat permohonan bisa discan/difoto dan kirim lewat email Operator UPT ke email suprikajen@gmail.com. Untuk operator UPT yang tidak ada akses internet dimohon mengirimkan surat permohonan dari sekolah langsung ke Subag Program

Monday, 15 April 2013

Prediksi Soal UKG Online Untuk Guru SD


 



Prediksi soal UKG secara umum ada 2 jenis soal yang akan diujikan dalam uji kompetensi guru untuk Guru SD tahun ini, yaitu soal UKG kompetensi Pedagogik dan soal kompetensi profesional, dengan komposisi 30% soal UKG kompetensi pedagogik dan 70% soal kompetensi profesional.

Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak harus dikuasai guru SD. Kompetensi pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya.



Klik tautan di atas untuk mengerjakan prediksi soal UKG untuk Guru SD dengan materi soal Kompetensi Pedagogik, yang mencangkup 5 aspek, yaitu:
a. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik
b. Menguasasi teori belajar & prinsip-prinsip pembelajaran efektif
c. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran

SekolahDasar.Net akan terus mengupdate Prediksi Soal UKG untuk Guru SD, jika Anda punya informasi bisa mengirim pesan kepada kami di fan page SEKOLAH DASAR. Jangan lupa untuk like (suka) terlebih dahulu. Semoga prediksi soal UKG yang bisa dikerjakan secara online ini bisa membantu persiapan Bapak Ibu Guru SD.

Diteruskan Oleh Admin SDN 01 Songgowedi

Wednesday, 10 April 2013

APLIKASI PENGISIAN NILAI RAPORT US/UN SD/SMP/SMA


Salam Pendidik....Teman2.., bagi yang masih sekolah kalian bisa menawarkan sebuah aplikasi untuk guru kalian di sekolah yaitu sofware berikut ini, software pengisian Nilai Sekolah sudah di distribusikan dari provinsi ke sekolah-sekolah (walaupun software tersebut untuk sekolah-sekolah SMP dan sederajat). tapi hal tersebut membuat kami merasa lega dan bisa bekerja untuk pengisian nilai-nilai sekolah.
software yang kami terima merupakan software pengisian untuk SMP dan sederajat, walaupun pengisian nilai tersebut masih menunggu berakhirnya Ujian Nasional Sekolah (UNS) untuk SMP dan sederajat dan selesainya pengolahan nilai UNS dengan rata-rata raport (40% x Rata2 raport + 60% x nilai UNS)
karena kebetulan kami juga memerlukan software pengisian untuk SMA dan kami belum menerima software tersebut, maka kami mencoba untuk menjadikan software yang diberikan tersebut bisa digunakan untuk pengisian Nilai SMA. dan ternyata memang dalam software tersebut sudah ada jenjang pilihan (SMP/MTS, SMA/MA, SMK)
sebelum kita mengisi software tersebut, maka kita harus mempersiapkan file-file nya.


  1. Download Software program pengisian Nilai Sekolah disini (software hanya berisi file-file inti, belum ada data-data propinsi.dbf, rayon11_ppj.dbf, sek11_pprrj.dbf)
  2. persiapkan data-data dbf yang berasal dari software pengisian UN offline yang telah diisi oleh sekolah masing-masing sebelumnya
  3. persiapkan software DBF editor, klik disini

Cara pengisian:


  1. setelah Software pengisian Nilai Sekolah di download dan di extract, copy kan file-file dari software UN offline. file yang di copy dari software UN offline adalah: propinsi.dbf, rayon11_ppj.dbf, sek11_pprrj.dbf dari folder software UN offline/dataprg ke program nilai_US/DATAPRG
  2. login ke pengisian software pengisian nilai Sekolah dan pilih jenjangnya seperti di bawah ini (username=admin, Password=Admin) klik LOGIN
  3.  
  4. maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
  5. setelah muncul tampilan diatas, pilih kabupaten/kota dan pilih nama sekolah
  6. untuk membuat nomor peserta Ujian, lakukan Generate NOPES,
  7. isikan sesuai kebutuhan
  8. lakukan generate proses. setelah selesai, logout dari software pengisian Nilai Sekolah
  9. buka file yang ada di PROGRAM NILAI_US/PP_RR/US (nama file U11_pprrxxxj.dbf) dengan aplikasi DBF editor
  10. buka juga file dbf nama siswa yang terdapat di Software UN offline melalui DBF editor. yaitu file bio11_pprrxxxj.dbf
  11. copy paste kan nama siswa yang terdapat di bio11_pprrxxxj.dbf (yang terdapat di software pengisian Nilai Sekolah ke U11_pprrxxxj.dbf . (yang terdapat di Software UN Offline. setelah selesai, tutup aplikasi DBF editornya.
  12. login kembali ke software pengisian Nilai Sekolah, tentukan Propinsi, Kabupaten/Kota, dan nama sekolah.
  13. setelah selesai, kita tinggal memasukkan nilai Sekolahnya.
  14. demikian share untuk Software pengisian Nilai ujian Sekolah
Semoga bermanfaat
Sumber : http://musliminsindangkerta.wordpress.com

Tuesday, 9 April 2013

Arti Status File Pengiriman Dapodik Dikdas



 
1.Belum terkirim : sudah jelas.
 2. Diterima via web : ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kabkota. Jadi file sekolah diunggahkan/ diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
3. Diterima via aplikasi : Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di simpan di server. Namun data2nya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
4. Cek Konversi : Tahapan kedua, data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah2nya
5. Berhasil di proses : Tahapan ketiga, data yang telah diinput SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus).
6. Behasil di proses dgn Pengecualian : datayang telah di input TIDAK SEMUANYA berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
7. Sekolah terkena cleansing : data sekolah yang telah dikirim masuk ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan dihapus oleh server.
8. Sqlite error : ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja kirim ulang data lagi.

Untuk Cek Data klik    DI SINI

 

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.
Meski tidak lagi direpotkan membuat silabus sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang guru tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah (kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.
Sementara untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan Harian) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.
Yang membuat penasaran dan mungkin sering menggoda fikiran kita, kira-kira seperti apakah RPP yang sejalan dengan semangat dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dikehendaki oleh Kurikulum 2013?  Saya beruntung menemukan sebuah model RPP yang bisa kita jadikan referensi. Model ini saya peroleh dari komunitas FaceBook Ikatan Guru Indonesia, hasil Seminar Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Surabaya, 17 Maret 2013.
Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya melihat ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:
  • Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
  • Nilai-nilai dalam pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
  • Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).
=======
Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP tersebut? Silahkan klik tautan di bawah ini:

Materi terkait:
Konsep Pengembangan Bahan Ajar
Pengembangan Bahan AjarBahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa  … Baca selengkapnya »
Apa dan Bagaimana Tujuan Pembelajaran itu?
Apa dan Bagaimana Tujuan Pembelajaran itu?Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas penting guru dalam memproses pembelajaran siswa.… Baca selengkapnya »
Persiapan Mengajar
Persiapan MengajarPersiapan mengajar pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan tentang apa yang dilakukan …Baca selengkapnya »
Konsep Sumber Belajar
Konsep Sumber BelajarSumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang.… Baca selengkapnya »
Pembelajaran Inkuiri
Pembelajaran InkuiriPembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk .… Baca selengkapnya »
Kedudukan Kurikulum dan Guru dalam Pendidikan
Pembelajaran yang Efektif Kurikulum disebut-sebut sebagai inti pendidikan dan menjadi ciri utama sekolah sebagai institusi yang bergerak pelayanan pendidikan. .… Baca selengkapnya »

Monday, 8 April 2013

CEK DATA SK TUNJANGAN PROFESI DI PPTK

Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi di P2TK
Untuk melakukan pengecekan apakah SK Tunjangan Profesi (SKTP) sudah cetak apa belum bisa dilakukan di website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar. April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair. Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun.

Mulai tahun ini, mekanisme yang digunakan untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi dengan cara sistem digital dan manual. Melalui sistem digital, pemberkasan tidak lagi seluruhnya dilakukan secara manual tetapi dilakukan secara online melalui Dapodik.

Berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2013. Tunjangan profesi guru sertifikasi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan, dengan rincian:

  • 9 – 16 April 2013 untuk triwulan I
  • 9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II
  • 9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III
  • 9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV

Sebelum tunjangan profesi guru dicairkan, diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan. Untuk melihat status penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen bisa dicek secara online. Data yang bisa diketahui adalah data diri guru dan status tunjangan profesi.

Berikut adalah cara mengecek SKTP di P2TK Dikdas.
1. Kunjungi website Direktorat P2TK Pendidikan Dasar di sini

Anda akan melihat tampilan laman seperti ini
2. Login di form INFO SK, dengan memasukan NUPTK dan passwordnya adalah tanggal lahir anda dengan format YYYYMMHH. Contoh 29 Januari 1987 menjadi 19870129.
3. Jika Anda berhasil login, maka dapat mengetahui status apakah SKTP Anda sudah cetak atau belum, dan data Anda seperti gambar di bawah ini.

Tampilan jika Anda berhasil login

Perlu diketahui, data yang ditampilkan pada laman hasil login tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan. Data sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan. Sudahkah Bapak Ibu mengecek datanya?

Baca Selengkapnya :   DI SINI

Thursday, 4 April 2013

INFORMASI TEMA2 YANG SUDAH SERTIFIKASI


Informasi Pa SK bagi temen2 yang sudah Sertifikasi masuk Kategori apa...bisa Konfirmasi Ke Kantor Dinas/ UPT silahkan di Dpwnload Ning Kene  atau DI SINI

 

Tuesday, 2 April 2013

DAFTAR CALON SERTUFIKASI GURU PAIS




Daftar calon Sertifikasi Guru PAI SD sudah ada..untuk MI/RA lihat Postingan yang lalu di Blog ini
untuk mendownload silahkan klik DAFTAR CALON SERTUFIKASI GURU PAIS DI SINI
atau Nang Kene..

Monday, 1 April 2013

LATIHAN UKA GURU

 

Biar Jangan Penasaran Bagaimana kita mengerjakan AKA 2013 Ayo Brllatih..
Temen-temen yang mau Latihan Uka Online Klik DI Sini